Bupati Asahan dan Forkopimda Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik di Simpang Empat dan Aek Ledong

pos penyekatan larangan Mudik

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin MSi dan Forkopimda meninjau pos penyekatan larangan Mudik Lebaran di pintu masuk dan keluar, Senin (10/5/2021).

Bupati Asahan mengatakan mereka meninjau dan memantau pos penyekatan mudik untuk melihat secara langsung pelaksanaan pengamanan, sesuai Instruksi Pemerintah Pusat terhadap larangan mudik mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Pos penyekatan yang terpantau hari itu adalah Pos Penyekatan II Simpang Empat Jalinsum Medan – Tanjungbalai KM 175 – 176. Kemudian Pos Penyekatan III Aek Ledong Jalinsum Medan – Rantau Prapat KM 213 – 214.

Untuk mengantisipasi para pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman, jajaran Polres Asahan, Dinas Perhubungan, TNI, Pol PP dan Dinas Kesehatan semakin gencar melaksanakan penyekatan di jalur masuk dan keluar. Hal itu untuk menjaga masyarakat agar tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudik dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Kita bekerjasama dengan TNI Polri untuk mengantisipasinya. Begitu juga tempat wisata, seperti alun-alun akan kita tutup sementara. Dan Air Terjun Ponot akan berlaku pembatasan demi mencegah terjadinya kerumunan di objek wisata,” kata Bupati.

Pemudik Putar Balik

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto mengatakan, pemeriksaan akan berlaku kepada semua pelintas dari luar daerah yang melewati wilayah Asahan. Di tempat penyekatan, petugas kesehatan juga menyediakan fasilitas untuk melakukan tes swab bagi mereka yang melintas.

“Di hari ke-5 Ops Ketupat Toba, ada sekitar 156 pemudik yang sudah kita suruh putar balik. Hal ini karena mereka tidak dapat menunjukkan dokumen surat keterangan bebas Covid. Untuk itu seluruhnya kita lakukan tindakan tegas dan menyuruh putar balik,” kata Kapolres.

Setiap pos terlihat beberapa badut pengaman. Ini sebagai terobosan pihak Polres Asahan dalam membantu melakukan penegakan hukum dan kesan yang lebih humanis. Kapolres juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk menunda mudik maupun berwisata, sampai Pandemi Covid-19 mereda.

Bupati dan rombongan memberikan bingkisan berupa makanan dan minuman kepada personel pos pam. Bupati berpesan agar seluruh personil yang bertugas tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan keselamatan. Serta selalu menggunakan APD dan masker dalam menjalankan tugas di lapangan.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment